News / HUT MISI KE 86 TAHUN
3 Desember 2020

Mari Menanam Nilai Kebaikan

Tepatnya di tanggal 21 November 1934, kelima misionaris SND dari negeri kincir angin tiba di Indonesia, tepatnya di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Para Suster Misionaris SND datang membawa misi Kristus yaitu melayani. Mereka menanam nilai-nilai kebaikan di tanah misi Indonesia tercinta. Mereka datang tidak membawa bibit tanaman, namun membawa nilai-nilai kebaikan untuk disemai dan ditanam di iklim tropis dan berharap nilai-nilai itu tumbuh dan berbuah. Harapan para misionaris menjadi kenyataan di usia 86 tahun ini, SND masih saja eksis, walau mengalami grafik yang tak menentu.

 Satu hari sebelum  merayakan pesta Hari Misi SND di Indonesia, komunitas  kami membagikan tanaman kepada karyawan dan suster saudara dengan ritual sederhana. Ada beberapa jenis tanaman yang kami bagi bersama, ada tomat, terong, kacang, cery, strobery dan durian. Tidak hanya tanaman yang akan kami pelihara, namun lebih dari itu bagaimana kami menghidupi nilai-nilai kebaikan yang telah dititipkan lewat coretan tinta hitam di kertas. Cintailah Aku Seperti Diri Sendiri! Rawatlah dan Jagalah Aku hingga Aku Berbuah! Lanjutkan dengan penuh Kasih! Rawatlah Seperti Merawat Persaudaraan Kita! Kalimat-kalimat sederhana, tetapi penuh makna.

Pada tanggal 21 November 2020, Kami mensyukuri kebaikan Tuhan lewat perayaan Ekaristi sederhana yang dipimpin oleh RD. Sbastianus Prasetyo A.N, romo paroki St. Pius X Karanganyar dengan tema “Berubah dan Berbuah” Dalam homilynya, Romo mengatakan bahwa: Berubah butuh penyangkalan diri yang total demi menghasilkan buah yang baik! Tak mudah, namun butuh latihan terus menerus hingga menjadi milik kita seutuhnya.

Setelah misa, Sr. M. Teresia sebagai pimpinan komunitas menyerahkan bibit durian kepada Romo untuk ditanam. Tak kehabisan kata-kata inspiratif dari pribadi yang sederhana ini “ Semoga SND bauhnya tercium dimana-mana lewat tugas dan pelayanan!”

Semoga dengan bertambahnya usia, SND di Indonesia semakin berkembang dan dapat menjangkau mereka yang tak dapat dijangkau oleh orang lain lewat pelayanan dan kesaksian hidup dengan menghidupi nilai-nilai kebaikan para suster misionaris

 

 

Komunitas Sto Rafael - Tawangmangu

By Sr. M. Paulina SND

SHARE THIS ON: