News / Kegiatan Komunitas
10 Oktober 2020

Kebaikan Tuhan Sungguh Luar Biasa

Pada hari kamis 01 Oktober, kami para suster SND mensyukuri kebaikan Tuhan atas usia Kongregasi ke 170 tahun dan misi di Indonesia ke 85 tahun. Perayan syukur ini, awalnya akan dirayakan bersama di Jakarta, namun situasi berkata lain.

Lewat surat, Sr. M. Monika tidak hanya menyapa para suster, namun menginformasikan bahwa perayaan syukur dirayakan secara sederhana di komunitas. Komunitas kami, Maria Asumpta Bandar Jaya, Lampung Tengah  ingin  merayakan dengan sederhana yaitu misa lalu makan malam bersama Romo dan keluarga Pastoran. Namun situasi juga berkata lain.

Selasa 29 september 2020 setelah misa sore Ibu Yayuk mendekati saya dan menanyakan,  “apakah tanggal 1 Oktober malam suster ada di rumah? kami ingin ngobrol dengan suster sebentar bersama mbah Giri dan beberapa ibu-ibu.” spontan saya menjawab ” iya” kami di rumah. Ibu Yayuk melanjudkan bahwa mereka akan  makan malam bersama suster di biara, “suster tidak perlu repot-repot, cukup menyiapkan tempat saja! “kata bu Yayuk” Saya penasaran dan bertanya, “apakah ada yang ulang tahun bu?”, “Tidak ada kok suster, kami hanya ingin ngobrol aja sama para suster, “Jawab bu Yayuk.”

 

 

 

 

 

Kamis, 01 Oktober,  jam 07.00 AM,  kami ibadat pagi bersama dan dilanjudkan sarapan. Sore jam 17.15 ibadat sore bersama di Gereja dan dilanjudkan dengan doa Rosario dan misa pembukaan bulan Rosario. Dalam Ekaristi Romo mendoakan ujud misa syukur hari jadi SND yang ke 170 dan selaku Pastor paroki dan mewakili umat paroki Bandar Jaya mengucapkan: “proficiat atas hari jadi SND, semoga semakin berkembang khususnya dalam pelayanan di Paroki dan sekolah Yos Sudarso.”

Setelah Ekaristi ibu-ibu lingkungan St.Lidwina memberikan kejutan yang luar biasa, mereka membawa makanan dan buah-buahan serta kue ulang tahun, dan tidak menyangka bahwa mereka juga mengundang para suster Hati Kudus Poncowati, Romo Paroki serta karyawan pastoran untuk turut merayakan ulang tahun SND. Sebelum doa makan,  ibu Yayuk mewakili ibu-ibu menyampaikan sambutan, “ibu-ibu ingin memberikan sedikit perhatian untuk para suster yang selalu setia mendampingi umat Bandar Jaya, semoga para suster tetap krasan dan setia dalam melayani umat.” Yang membuat kami kagum dan merasa diperhatikan adalah ibu-ibu mencatat dan mengingat peristiwa hari jadi, ini berawal dari status whatsApp tahun lalu yang saya posting dan waktu itu memang mereka memberikan kue ulang tahun.

Kami sangat bersyukur atas kebaikan Tuhan lewat ibu-ibu dan saudara-saudari lainnya. Mereka sangat peduli dengan kehadiran kami di paroki Bandar Jaya Lampung. Satu hal yang tak saya lupakan adalah kue ulang tahun diberi lambang dan tulisan SND. Mereka mencari di google dan menuliskan kalimat “kebaikan terkecilpun akan menjadi sebuah mutiara pada mahkota kita.” (ungkapan SR. M. Aloysia, SND Pendiri Kongregasi SND) “Tetaplah berbuat baik, meski seringkali banyak yang menilai kita tidak baik!” Semoga kebaikan mereka dibalas oleh Bapa yang Mahabaik.

 

by. Sr. M. Irenia SND

 

SHARE THIS ON: