News / Kegiatan Komunitas
25 Agustus 2020

 Ulang Tahun Kemerdekaan di Rumah Induk Pekalongan

Setiap tanggal 17 Agustus merupakan moment bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena pada tanggal tersebut bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaan. Pada tahun ini bangsa Indonesia merayakan ulang tahun kemerdekaan yang ke 75. Tema untuk tahun ini ialah; “ Indonesia Maju”. Tujuan dari tema ini bukan hanya maju dari segi teknologi saja, tetapi juga maju dalam cara berpikir agar semakin mengembangkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dalam semua bidang. Perjuangan dan kegigihan para pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia, menjadi inspirasi dan tolok ukur bagi generasi jaman sekarang untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa baik secara lahir maupun batin.

Pada tahun ini bangsa Indonesia mencatat sejarah yang berbeda dengan tahun sebelumnya dalam merayakan HUT kemerdekaan RI. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang mana perayaan kemerdekaan sangat meriah dan aneka kegiatan yang semarak dan gembira diadakan dari tingkat bawah sampai tingkat atas dari setiap lapisan masyarakat. Namun semua itu tidak dapat diulang pada tahun ini akibat wabah virus corona yang kian mewabah dan belum tahu pasti kapan akan berakhir. Situasi ini tidak mengurangi kecintaan masyarakat Indonesia untuk merayakan kemerdekaan RI secara sederhana, meski lewat live streaming dan mengadakan perlombaan hanya antar komunitas atau instansi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk menjaga jarak, wajib memakai masker dan rajin mencuci tangan.

 

Para suster merayakan Ulang Tahun Kemerdekaan bersama para karyawan dengan mengadakan upacara bendera pada pukul 07.30  di halaman depan susteran, dan Sr. Maria Robertin, SND sebagai inspektur upacara. Dalam wejangannya ia  menghimbau seluruh karyawan untuk mengalami sukacita Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 dengan hati yang merdeka, pikiran yang merdeka dan saling menghargai satu sama lain.  “ Kita sebagai satu keluarga, satu ibu pertiwi, satu pemikiran, untuk bekerja bersama demi kemajuan bersama.”  Ungkap suster Maria Robertin SND pemimpim komunitas Rumah Induk Pekalongan. Setelah upacara bendera, dilanjutkan dengan beberapa perlombaan antara lain: Lomba memasukan gunting didalam botol, lomba memasak nasi goreng dan lomba Fashion show dengan memperagakan para pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam acara perlombaan ini karyawan dibagi dalam 4 kelompok dan beberapa suster diminta untuk menjadi juri dalam perlombaan tersebut. Tentunya kami mengadakan perlombaan ini dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker.

Para suster dan semua karyawan merasa bahagia dan semangat mengikuti semua rangkaian acara dengan penuh antusias yang luar biasa. Seperti tema kita  tahun ini, semoga kita semakin maju dalam segala hal.

 

by. sr. M. Olivia SND

SHARE THIS ON: