News / Lain-lain
29 September 2020

Kegiatan BKSN 2020 TK Notre Dame Grand Wisata

Membangun Kasih dalam Masa Pandemi

Dalam masa pandemi seperti ini, tidaklah mudah bagi semua orang untuk melihat kasih karuia Tuhan yang indah dalam kehidupan sehari-hari. Namun di bulan September umat Katolik mengkhususkan sebagai Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN). Tahun ini tema BKSN:  Mewartakan Kabar Baik di Tengah Krisis Iman dan Identitas.

Pada tahun ini, saya mengajak Anak-anak KB-TK Notre Dame Grand Wisata untuk ikut berpartisipasi dalam setiap pertemuan yang diintegrasikan lewat Pendidikan Agama Katolik. Setiap pertemuan diwarnai dengan keunikan, keceriaan, usaha dan niat dari anak-anak yang menambah semangat mereka untuk tetap bergembira dalam belajar dengan pembelajaran jarak jauh atau daring. Pandemi COVID-19 memberi kami kesempatan untuk mengenal Tuhan tidak hanya dalam kelas, namun dari rumahpun anak-anak boleh merasakan kebaikan Tuhan.  Setiap pertemuan ada sub tema yang dapat membantu anak-anak untuk tetap happy dalam belajar, walau hanya di rumah saja. Pertemuan pertama dengan sub tema: Aku Anak Allah (1Yoh. 4:7-21), anak-anak membedakan gambar tetang perbuatan yang baik dan perbuatan yang tidak baik, pertemuan kedua tentang: Aku Solider dengan Sesama (Mat. 25:31-46), anak-anak diajak untuk membuat domba; pertemuan ketiga tentang: Aku Diberi Tugas oleh Tuhan, anak-anak berlatih memancing; pada pertemuan ke empat tentang: Aku Anggota Gereja Katolik (Kis 2:37-47), anak-anak belajar membuat bukey dari kertas lipat. Keceriaan dan semangat anak-anak membuat saya pribadi terinspirasi untuk terus mencari hal-hal yang menarik bagi anak-anak, agar mereka tetap bersemangat saat belajar dalam situasi pandemi ini.

Selain pertemuan BKSN yang diintegrasikan dalam kegiatan belajar mengajar, orang tua pun  ikut berpartisipasi dalam Kegiatan BKSN 2020 yang diadakan oleh unit TK dengan tema “Kegiatan Foto Bersama Keluarga yang Mewujudkan Kegiatan Kasih”. Disini mereka juga diajak untuk terus mewartakan kabar baik di tengah krisis iman dan identitas sama seperti tema BKSN tahun 2020 ini. Kegiatan Foto Keluarga ini  sangat menginspirasi dalam menjalani kehidupan yang tak mudah didalam masa pandemi ini. Cinta, ketulusan, kebersamaan, kepedulian, dan yang sangat penting disini adalah Kasih yang menyatukan mereka semua sebagai keluarga untuk terus bersatu membangun kasih. Itulah bukti cinta mereka. Itulah bukti nyata bagaimana kita mewartakan kabar baik ditengah krisis iman dan identitas yaitu bersatu membangun Kasih dalam kehidupan kita sehari-hari yang sederhana ini.

by. Sr. M. Veronika, SND

 

       
       

 

 

 

 

                            

SHARE THIS ON: