News / Kegiatan Provinsi
2 Juni 2020

BERSATU DALAM DOA LINTAS AGAMA

 

          Pada tanggal 29 Mei 2020 yang lalu umat beragama di Indonesia bersatu hati mengadakan doa lintas agama, sebagai bentuk kecintaan bagi Indonesia. Meski berbeda kepercayaan, namun para tokoh agama bersatu memanjatkan doa kepada Tuhan yang satu dan Esa untuk memohon rahmat kesejahteraan bagi Bangsa Indonesia dalam menghadapi wabah virus Corona. Masing-masing tokoh agama mengutus satu anggotanya untuk terlibat dalam doa lintas agama ini, dan untuk agama Katolik yang ditentukan oleh KWI mengutus Suster Maria Monika SND sebagai perwakilan umat Katolik di Indonesia. Suster Maria Monika SND adalah provinsial kongregasi Suster Notre Dame dan ketua Ikatan Biarawati Seluruh Indonesia (IBSI)

                    Penyelenggara doa lintas agama ini dari agama BAHA’I  salah satu agama yang sudah diakui sebagai Agama pada bulan Mei 2014 di Indonesia, salah satu tokohnya ialah mantan orang tua murid sekolah Notre Dame Jakarta. Agama ini sudah banyak dianut oleh umat di Negara Malaysia dan Singapura.  Kegiatan doa ini diselenggarakan secara virtual melalui media Zoom yang dihadiri dari 5 Agama yakni; Katolik, Kristen, Islam, Budha dan Khonghucu. Selain itu ada 2 penganut lain yang turut begabung yakni kepaercayaan Penghayat  Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI) dan Sikh.

 

       Kegiatan serupa telah dilakukan sebelumnya oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 8-10 Februari 2018 hotel Grand Sahid Jakarta. Musyawarah Nasional yang  pertama kali diadakan pada waktu itu dihadiri oleh 450 peserta dari setiap perwakilan tokoh agama, salah satunya adalah Suster Maria Monika SND. Kegiatan itu diselenggarakan oleh kantor utusan Khusus Presiden bagian dialog dan kerjasama antar umat beragama dan peradapan yang diketuai Prof. Dr. Din Syamsuddin. Tema yang diangkat waktu itu ialah; “ Rukun dan Bersatu Kita Maju”.

       Perbedaan menyatukan kita sebagai warga masyarakat Indonesia yang luhur dan bermartabat, serta mampu hidup berdampingan satu dengan yang lain. Kita mampu bekerjasama dan saling menguatkan sebagai saudara. Kebersamaan dan kerjasama yang membangun peradaban bangsa dan negara  ini senantiasa terjalin terus, baik dialog maupun doa bersama sebagai perwujudan sebagai satu saudara dalam membangun Indonesia Maju. Doa  lintas  agama  ini  diadakan  secara  vitual  setiap  hari  Jumat sore pukul 16.00  dan  diikuti  oleh  penganut agama  dan  kepercayaan  baik  didalam  maupun  diluar  negeri.

 

SHARE THIS ON: