News / Lain-lain
28 April 2020

MENGHADAPI VIRUS COVID-19

Pertengahan Maret 2020, Virus Covid-19 mulai menyebar ke daerah Jawa tengah termasuk Pekalongan.  Dengan merebaknya Virus Covid-19 ini, kami RSU Budi Rahayu  mulai berwaspada dan berusaha memfasilitasi  APD (Alat Pelindung Diri) untuk melindungi para dokter, Perawat dan petugas medis saat berkontak langsung dengan pasien. Sebelum ada Virus Covid-19,  persediaan APD di Rumah Sakit Budi Rahayu masker  dan sarung tangan tetapi dengan adanya pandemi Covid-19 ini petugas di Garda depan terutama IGD, Poli  dan terutama di ruang  Isolasi  disediakan  APD lengkap, antara lain : Masker bedah, Masker N95, baju Hazmat, kaca mata Goggle, Face Shield, sepatu boot.

Untuk mengantisipasi adanya pasien positif Virus Covid-19, kami  mengubah beberapa ruang kantor untuk dijadikan ruang isolasi. Dan beberapa langkah yang kami lakukan juga antara lain : melakukan alur pemeriksaan (screening) ketat bagi pasien poliklinik maupun IGD, menyediakan tempat cuci tangan di pintu depan, untuk siapapun yang masuk dan keluar dari RSU Budi Rahayu, memeriksa suhu semua semua orang yang masuk ke Rumah Sakit. Selama adanya pandemi virus Covid-19 ini para pengunjung untuk pasien ditiadakan kecuali penunggu pasien 1 orang. Tempat duduk untuk ruang tunggu pasien diberi jarak dan semua orang di lingkungan RS wajib memakai masker.

 

Sejak merebaknya Virus Covid-19, barang-barang APD harganya melambung tinggi dan susah didapatkan. Banyak RS yang kekurangan APD dan kesulitan mendapatkan terutama masker dan Hand Sanitizer termasuk RSU Budi Rahayu.  Untuk mengatasi itu kami memasang poster di IG, FB, dengan menuliskan kebutuhan APD RSU Budi Rahayu dan mohon bantuan dari para donasi. Syukur kepada Allah, Tuhan selalu memelihara dan menyelenggarakan karya pelayanan RSU Budi Rahayu. Banyak orang tergerak hatinya, baik secara pribadi maupun kelompok, mereka mengirimkan APD ke RS Budi Rahayu. Dengan bantuan dan uluran kasih banyak orang, APD kami dapat teratasi dan sangat terbantu, hanya masker N95, masker bedah, dan Hand scoon  kami  tetap terus  menyediakan  sendiri dan mencari di  berbagai  PT karena dari donasi sangat terbatas.  

 Dampak dari Virus Covid-19 ini, jumlah pasien di RSU Budi Rahayu  sangat menurun sekali, ini bukan hanya di RSU Budi Rahayu saja tetapi di banyak Rumah Sakit.  Saat ini hanya sekitar 50% dan bahkan kadang di bawah 50%. Semoga Virus Covid-19 cepat berakhir dan semoga Tuhan melindungi dan menjaga para dokter, perawat  dan seluruh karyawan RSU Budi Rahayu agar tetap sehat dan semangat melayani.

 

 

 

by. Sr. M. Resa SND

SHARE THIS ON: